Featured Post

Suka Bongkar Motor Sendiri di Rumah? Perhatikan Hal Ini!


Cah Touring - Halo Brosist, suka bongkar motor sendiri? udah berapa kali bongkar motor sendiri?. Kali ini kita bahas apa aja sih yang harus diperhatikan saat bongkar motor sendiri dirumah.

1. Baut
Benda kecil yang berhasil menyatukan semua part menjadi satu. Tanpa benda kecil yang satu ini, hampir mustahil bagian-bagian motor bisa menyatu. Ibarat hubungan tanpa PDKT tapi langsung jadian~ Bisa jadi langsung ambyar bros! Pasti ada aja momen Brosist yang lagi coba-coba bongkar, pas udah kepasang ada 1 atau 2 baut yang entah kemana. Kayaknya digondol arwah mantan~ dan lebih bagus lagi kalau punya kunci torsi, biar baut gak gampang dol atau selek.

Saran kami, Brosist bisa menggunakan box kecil, atau tempat makan, atau mangkuk. Apapun itu yang penting bisa digunakan sebagai wadah saat baut dilepas. Asal jangan tupperware enmak, bisa digantung nanti. Lebih baik lagi kalau dipisah-pisahin. Jadi nanti pas mau pasang lagi Brosist gak bingun ini baut posisinya dimana.

2. Body Lecet
Ini juga harus jadi perhatian, pernah suatu kali, udah manis-manis jaga body biar mulus~ eh ada momen harus bongkar body di bengkel, bengkelnya naro sembarangan~ alhasil lecet deh itu body Xabre.

Jadi buat Brosist yang demen bongkar pasang, coba bodynya ditaro hati-hati. Bisa dialasin bublewarp atau kain, setidaknya biar body mulus, motornya tetap terjaga. Semulus pipi mantan~ ahaayy

3. Lupa Pasang Kabel
Ceritanya abis ngurut kabel nih, pasti ada aja kabel yang gak kepasang~ iya gak? dan kabelnya ribet harus bongkar body lagi. Kalau ibarat percintaan udah sayaaanngg banget, eh dianya ga sayang, bertepuk sebelah tangan cooyy~ Sakkiitt.

Tips singkat kalau Brosist langi bongkar kabel, biar gak ketuker atau bingung ujung kabel sama socketnya, bisa ditandaning dengan label, bisa ditandain dengan gambar titik, garis, foto mantan, bebas lah yang penting jadi bisa dikenali kabel dan socketnya.

4. Klip Body Patah
Body motor saling terhubung bukan hanya dengan baut dan mur, tapi ada juga dengan klip atau rivet atau kancingan apapun itu namanya. Kalau kita gak tau cara bukanya, bukan hal mustahil kalau itu klip pada patah. Kalau udah patah? udah deh body geter-geter berisik. Solusinya ya beli body baru atau kalau mau coba lem-lem klipnya ya silahkan. Tapi kadang gak lama ya patah lagi.

Biar ga patah, katika membuka body satu persatu jangan dipaksa, sambil diliat selipan-selipannya cara tariknya dimana apa di geser atau ditarik.

Intinya dijaga dan diperhatiin sebaik mungkin semua part yang dibongkar, jangan sampai sebelum bongkar bagus, setelah bongkar malah bwerantakan itu motor. Dan jangan pernah takut bongkar motor, semua pasti punya trial and errornya masing-masing. kalo rusak yan tinggal beli lagi wkwkwk

No comments for "Suka Bongkar Motor Sendiri di Rumah? Perhatikan Hal Ini!"