Featured Post

Standar Internasional Touring Motor, Sudah tau?

Asset CahTouring

CahTouring - Halo BroSist, dalam melakukan perjalanan jauh bersama teman-teman atau yang biasa disebut touring butuh Standar Operasional Prosedur (SOP) agar perjalanan menjadi aman dan lancar. Ternyata dalam kegiatan touring juga memiliki standar yang harus di penuhi, yaitu Safety First Trip Management.
Standar touring yang direkomendasikan oleh MSF (Motorcycle Safety Foundation) antara lain:
  1. Penentuan Check Point
    Hal ini dilakukan untuk memastikan peserta dalam kondisi prima. Serta check point ini diperuntukan agar peserta tidak mengalami kelelahan (fatigue). Jadi sebelum keberangkatan sebaiknya kita sudah menentukan dan mempelajari jalur yang akan dilewati dan menentukan check point. Check point sendiripun bisa berupa pom bensin, restoran atau warung makan, dan lain sebagainya yang memungkinkan untuk menjadi tempat beristirahat peserta touring.
  2. Reliable Supporting Team
    Realiable Supporting Team
    merupakan tim pendukung yang diperuntukan sebagai tambahan jaminan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan. Tim pendukung ini mencakup beberapa posisi diantaranya adalah Patroli Pengawalan (Patwal), Tim Medis, Mekanik, Towing Car, dan lain sebagainya. Untuk tim medis sendiri tidak hanya berfungsi untuk menangani kecelakaan, namun juga berfungsi untuk memastikan kondisi fisik perserta touring dalam keadaan baik-baik saja dan memberikan rekomendasi untuk melanjutkan perjalanan atau tidak jika dibutuhkan.
  3. Backup Car
    Backup car
    berfungsi untuk membawa bikers cadangan yang siap untuk berkendara jika salah satu peserta tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selain itu backup car juga berfungsi untuk membawa logistik yang sekiranya tidak dapat di bawa dengan motor.
  4. Touring Officer
    Untuk menjadi officer dalam touring, memerlukan keahlian lebih dari peserta lain. Hal ini tidak hanya berdasarkan pengalaman, tetapi juga dari pelatihan khusus.
Dan tak kalah pentingnya, dalam perjalanan touring yang lebih dari sehari istirahat berkualitas harus sangat diperhatikan. Jadi jangan banyak begadang ya brosist agar touring kita berjalan dengan aman dan menyenangkan.

Satu pesan dari saya, jangan meminum minuman beralkohol selama perjalanan touring bersama teman-teman. selain membahayakan untuk diri sendiri, hal itu juga bisa menyusahkan teman-teman touring anda. Jadi jangan segan untuk mengingatkan dan tetap menjadi pelopr keselamatan ya brosist.

No comments for "Standar Internasional Touring Motor, Sudah tau?"