Featured Post

4 Tips Blogging untuk Orang Awam

Blog Cah Touring
CahTouring - Halo BroSist, kalian suka menulis? bingung cara menyalurkannya? yuk blogging. Bingung caranya?, pada dasarnya banyak platform yang bisa kita gunakan untuk blogging seperti blogger, wordpress, kompasiana, dan lainnya. Semua platform itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mungkin untuk kalian yang awam bisa menggunakan blogger karena cukup mudah untuk digunakan.

Tidak ada cara yang benar atau salah dalam blogging, tiap orang punya caranya masing-masing untuk berhasil dalam blogging. Asal ada niat, terus belajar, dan terus mengeksplor ilmu yang ada kemungkinan berhasil menjadi lebih besar. Tetapi belajar dengan yang lebih mengertipun bisa membantu kamu untuk lebih cepat mengerti dunia blogging.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari blogging. Kamu bisa menjadikan blog sebagai tempat menyalurkan karya kamu, kamu bisa berbagi pengalaman dan ilmu kepada orang lain. Syukur-syukur mendapat penghasilan sebagai bonus berupa uang dari berbagi kepada orang lain.

Saya sendiri memulai blogging dari tahun 2012 saat dunia diprediksi akan kiamat hehe, dari blog pertama saya yang masih ada walau sudah tidak aktif yaitu https://ngakakbeloger.blogspot.com/ saat itu para blogger masih suka berkolaborasi dengan platform forum online asli Indonesia yaitu Kaskus.us dan berubah menjadi kaskus.co.id, selain kaskus ada juga lintas.me sebagai platform share artikel, kami bisa mendapat ratusan bahkan ribuan pengujung setiap harinya karena 2 platform tersebut.

Tak ada penghasilan karena tidak mengerti kalau blogger bisa menghasilkan uang lewat banyak cara, namun semua itu saya jalani karena saya suka nulis dan berbagi. Sekarang saya memoderasi cahtouring.com karena hobi touring saya, dan pelajarinfo.id karena ketertarikan saya pada dunia pendidikan serta mayoritas keluarga yang merupakan pendidik.

Lalu bagaimana cara blogging bagi orang yang awam? Sesulit apa sih blogging itu? mari kita pelajari satu per satu..

1. Buatlah Blog Sesuai Apa Yang Kamu Sukai 

Touring? Traveling? Masak? Mengasuh Anak? Mengajar?, kamu suka yang mana? tulis dan fokuslah dengan topik itu. Tidak mudah mengurus sebuah blog, apalagi jika yang kamu tulis tidak sesuai dengan minat kamu, dapat dipastikan jika blog itu akan terbengkalai di masa yang akan datang.

Ingatlah, jadikan blog sebagai ruang berekspresimu, tempat menuangkan karyamu, tempat berbagi apa yang sudah menjadi passionmu. Jika kamu menulis sesuai dengan passion mu dapat dipastikan yang mampir dan membaca blogmu adalah orang dengan ketertarikan yang sama denganmu, dengan itu blogmu bisa menjadi tempat sharing yang menyenangkan untukmu dan juga pembacamu.

2. Konsisten

Berkomitmenlah sebelum anda membuat blog, anda bisa publish artikel anda 3 kali seminggu atau mungin 1 kali seminggu asal konsisten tidak mengapa. Buatlah jadwal kapan anda publish artikel, sehingga audiens anda tau kapan mereka harus membuka blog anda. Jangan menjadi blogger pentol korek "membara di awal, redup diakhir", tapi jadilah blogger yang seperti bulan yang selalu hadir ketika waktunya tiba.

Sediakan konten cadangan agar anda tidak kebingungan ketika anda tidak sempat menulis konten, jika anda menjadwalkan 3 kali publish dalam seminggu usahakan agar membuat artikel lebih dari 3 untuk cadangan.

Selain konsisten dalam publish artikel, cobalah konsisten dengan gaya tulisan yang kamu gunakan. Kamu bisa membuat panggilan akrab untuk pembacamu, diblog ini saya menggunakan BroSist agar menjadi lebih akrab. Jika kamu menggunakan kata "gue" maka lanjutkan dengan "gue", jangan tiba-tiba berpindah menjadi "aku". Karena ketika kamu tidak konsisten, pembaca anda akan merasa asing dengan inkonsistensi anda.

3. Jadilah Pembeda

Apapun topik blogmu, jadilah berbeda dengan blog lain yang sejenis. Cobalah membuat artikel yang mencerminkan sudut pandang lain dari sebuah peristiwa. Misal topik blog anda tentang mengasuh bayi yang kebanyakan dari sudut pandang seorang ibu, maka anda cobalah membuat artikel mengasuh bayi dari sudut pandang seorang ayah.

List blog lain yang memiliki genre yang sama dengan blogmu. Kamu bisa mencari ide dari konten mereka dan merubahnya dari sudut pandang lain.

4. Teruslah Belajar

Jika anda sudah memulai tetapi blog anda tetap sepi pengunjung, jangan menyerah dan teruslah belajar. Ada banyak cara untuk sukses, jika anda tidak berhasil dengan cara 1, maka carilah cara lain yang mungkin lebih efektif. Ikutlah forum-forum yang tersedia di berbagai platform social media dan jangan malu bertanya, ikuti kelas-kelas blogging yang banyak tersebar, mulai yang gratis hingga berbayar. Ikutilah komunitas dan gathring blogger yang ada agar kamu bisa sharing pengalaman secar langsugn kepada sesama blogger. Jika gagal ya coba lagi, bukan malah berhenti.

Sekian 4 tips blogging untuk orang awam ala cahtouring.com, semoga bermanfaat ya Brosist. Siapa tau ada yang kelewat atau ada yang mau nambahin boleh komen di bawah ya Brosist.

CahTouring
Breeewww

1 comment for "4 Tips Blogging untuk Orang Awam"

  1. Mantap! Saya jg termasuk pemula lho mas wkwkwk. Yang penting kita semangat aja menjalaninya dan rutin update artikel. Juga jangan lupa rajin share supaya blog kita dikenal banyak orang. Salam aubinesia.com!

    ReplyDelete

Post a Comment